Thursday 27 October 2011

Mekanisme dana transaksi pada EDC Perbankkan

Setiap transaksi yang terjadi pada mesin EDC Perbankkan akan tersimpan ( Chapture ) di mesin, setelah dilakukan perintah bayar ( settlement ) maka hari berikutnya dana transaksi masuk ke rekening pengusaha.
Pada mesin EDC Perbankkan ada istilah yang dikenal dengan Perintah Bayar atau Settlement. Perintah bayar artinya memerintahkan mesin ke Server Perbankkan di sebuah untuk membayarkan dana transaksi yang terjadi ke rekening penampungan milik pengusaha. Perintah bayar ini harus dilakukan minimal sekali dalam sehari, maka untuk mengantisipasi hal tersebut biasanya mesin EDC tidak bisa dipergunakan sampai dilakukan perintah bayar.
Dana akan dimasukkan ke rekening pengusaha H+1 pada hari kerja dan H+2 pada hari libur dan hari sabtu-minggu setelah dilakukan perintah bayar. Misalnya transaksi hari senin, dana akan masuk hari selasa. hari sabtu-minggu , dana akan masuk hari selasa.

22 comments:

  1. Sebetulnya tidak harus Settlement tiap akhir hari, bisa saja tiap kali kontak ke jaringan bank langsung Settlement saat itu saja. Sama seperti transaksi di ATM atau Online Banking.

    Hanya saja kalau Settlement tiap akhir hari, data transaksi-transaksi bisa dirubah dulu, apakah memang transaksi-transaksi tersebut akan dikirim ke bank?

    Misalnya ada kesalahan input data, atau bahkan sang pembeli ingin merubah cara pembayaran, dan seterusnya...

    Dan juga bank-bank biasanya melakukan Settlement antar sesama bank pada tiap akhir hari. Dengan EDC melakukan Settlement tiap akhir hari, pembukuannya bisa disinkronisasi.

    ReplyDelete
  2. saya pengen daftar EDC ATM paspor bca online internasionat tapi tidak tau caranya

    ReplyDelete
  3. Bisakah dilakukan dua kali settlement dlm satu transaksi?
    Apa dana yg masuk juga dua kali lipat, dan pembeli juga membayar dua kali lipat?
    Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  4. Bro ad pertanyaan ni.
    ada transaksi tgl 14 mei 2015
    Dan wa settlement pada tanggal 02 juni 2015
    Apa itu jd masalah ya ?
    Uang transaksi tersebut tetap masuk ke rekening ?

    ReplyDelete
  5. Min.. Kok saya gesek jam 11 malam gak masuk dihari berrikutnya?

    ReplyDelete
  6. Min sy gesek jam 15 hari senin kok nggak masuk pd hari bekutnya ?

    ReplyDelete
  7. Menjadi milyuner/milyarder adalah mudah, bisa diwujudkan hanya dengan bekerja dari rumah, dan dapat diraih dalam tempo yang singkat.

    Anda mau tahu caranya?

    Artikel pada blog ini secara menyeluruh dari A s/d Z tentang cara bagaimana un menjelaskan tuk memperoleh kebebasan finansial secara mudah, sederhana dan dapat ditempuh dalam waktu yang sangat singkat. Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi alamat berikut: https://bit.ly/2MY8AAJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunjungi link kami untuk ulasan tentang mesin edc https://sarangindoplayqq.000webhostapp.com/

      Delete
  8. Apakah edisi mandiri tetap bisa dilakukan sattlement jika tidak ada pemakaian?
    Mohon info lebih lanjutnya
    Trima kasih

    ReplyDelete
  9. sudah di lakukan setslemen ko belum masuk udah 3 hari

    ReplyDelete
  10. sudah di lakukan setslemen ko belum masuk udah 3 hari

    ReplyDelete
  11. Apakah dengan bukti print setllemen hilang akan timbul masalah?

    ReplyDelete
  12. tgl transaksinya 30 apr & saya lupa nggak settleman. Baru keinget tgl 2 mei tp smpai sekarang dana blm masuk. Bagaimana ya gan solusinya?

    ReplyDelete
  13. Mesin edc sy transaksi senin lalu blm juga msuk.. Sampai hati ini.. Lama bngett, sdg kan sy butuh dana untuk blnja brg lgi.. Gemna ini

    ReplyDelete
  14. Min saya kan mau melalukan settlement tapi ga bisa. Aturan kan kalau belom ke settle gak bisa buat transaksi kan harus di settle dulu. Tapi ini settlemen belom bisa ,tapi udah bisa buat transaksi ,dan wktu mau di reprint ulang pas hari yang belom kesettle itu data udah ga ada min,gmn itu apa uang nya hangus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapat kasus seperti ini, masih mau tau apa uangnya masih bisa masuk kerekening

      Delete
  15. Jika lupa tidak settlement apa artinya uang kita hangus?

    ReplyDelete
  16. Min, saya transaksi semalam jam 8, sudah di setlement, tp hari ini belum cair dananya, kenapa yah min?

    ReplyDelete
  17. Min,settlement mandiri sama merchant saya kan hilang pas sudah tak setorin ke atasan saya di tempat kerja, terus pihak perusahaan saya baru ngasih tau kalau settlement sama merchat edc mandiriku itu 3 hari kemudian, trus itu gimana ngurusnya buat ngembaliin yg hilang itu tadi ya, mohon bantuanya🙏

    ReplyDelete
  18. Kak..mau Tanya tadi saya pakai mesin edc bca...sebelum struck merchant copy nya keluar semua...ternyata kertasnya habis kak...lalu saya masukin kertasnya,,,saya mau enter untuk merchant copy,,tidak mau keluar merchant copy,,terus saya settlement juga nggak mau kak

    ReplyDelete
  19. Kak..mau Tanya tadi saya pakai mesin edc bca...sebelum struck merchant copy nya keluar semua...ternyata kertasnya habis kak...lalu saya masukin kertasnya,,,saya mau enter untuk merchant copy,,tidak mau keluar merchant copy,,terus saya settlement juga nggak mau kak

    ReplyDelete